Kamis, 19 Desember 2013

Pertualangan ke Tanjung enim

Well, semuanya emang seru banget buat di bagi..

baru kepikiran mau cerita tentang perjalanan mengikuti tes PTBA bersama temen-temen di Tanjung Enim tanggal 23 Desember 2012 kemaren,,,

kalo di inget2, semuanya seru banget..

dari mulai pergi sampe pulang lagi, seruuu bangetss
hehehehe

aku ingin mencatat tiap waktu berlalu...
karena semua selalu beri aku pelajaran yang sangat berarti buat hidup, tentang sebuah perjuangan, kebersamaan, kesetiakawanan, pengorbanan, dan keikhlasan.

aku selalu bilang sama diri aku sendiri, bahwa di setiap perjalanan pasti selalu ada hikmah yang musti di ambil.

Selama kita masih hidup, maka selama itu pula kita pasti akan melalui petualangan-petualangan menakjubkan di luar sana.

di awali dengan sore yang indah untuk packing, tepatnya hari jumat tanggal 22 Desember 2012, aku mengemaskan barang-barangku. Yah, sore itu aku ada janji untuk pergi ke rumah Rovha ( temen 1 kelas selama 3 thun di Politeknik Negeri Sriwijaya) yang juga akan ikut tes PTBA hari minggu nanti.

Karena mobil travel akan menjemput penumpang di satu tempat, dan kebetulan penumpangnya dominasi berada di plaju. Jadi yah mau ga mau, yang di luar plaju musti nginep d tempat temen yang rumahnya di plaju. Biar ga repot gituu.

*Plaju= sejenis nama tempat, di Palembang.

alhasil, sampe juga di rumah Rovha. Sekitar pukul 5 sore lewat banyak. Hehehe dengan kata lain setengah 6 sore.

Ada temen satu lagi yang mau nginep rumah Rovha, namanya Gusti. Dia juga temen 1 kelas selama 3 tahun di jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Sriwijaya yang sering beli mie tek tek malem-malem bareng aku di BKB Palembang. :D

jadi kangen euy sama mie tek tek. sama Gusti nya juga sih. Hehehe

Malem sebelum keberangkatan di lalui dengan just so so (biasa aja). Hanya aktivitas ku yang baca2 buku “Soal lolos perusahaan BUMN” sedikit, demikian halnya dengan Gusti dan Rovha. Eits si Gusti udah tidur duluan tuh, soalnya kecapekan abis ikut acara kawinan kakaknya. hehehe

***

Malam pun berlalu, dan pagi telah tiba. Alhamdulillah hari ini, perjalanan menuju ke Tanjung Enim dimulai. Kami harus menunggu dulu mobilnya menjemput, janjinya sih jam 6, tapi bapaknya dateng jam 7, gpp lah ^_^

Disana, ada Aku, Rovha, Gusti, Agung, Eldi, yang juga temen 1 kelas selama 3 tahun di jurusan Administrasi Politeknik, terus ada juga temennya si Rovha, Pandi sama Mei. jadi, keseluruhan jumlah kami, ada berapa hayoo.. hehehe

yup, bener, ada 7 orang. Jadi kayak soal cerita matematika nih. :D #lupain ga penting

Di awal perjalanan sangat menyenangkan, di selingi dengan candaan-candaan yang lumayan bisa menghibur. Agung sama Gusti nih yang kayaknya menonjol banget diantara kami bertujuh. Mereka berdua, emang selalu seru anaknya. Gokil, humoris, dan rusuh. Hehehe
Lama-lama mereka capek juga tapinya, yaaahhh, keseruan dan kerusuhan berkurang deh. Ada beberapa selang waktu hanya diisi dengan keheningan, tapi lucunya lagi pak Sopir yang dari tadi sibuk banget sama telpon-telpon kliennya sedikit mengusik dan menyita perhatianku. Dalem hati bilang “ni bapak-bapak fans nya banyak banget yah”

Gak ketinggalan si Eldi, yang tiap menit di telponin sama mamanya, di tanyain udah sampe mana dan yah gitu deh si Gusti sama Agung tuh yang godain Eldi. Duh perhatian banget mamanya Eldi, bla bla bla..
Dan yang lainnya, asik dengan kesibukan masing-masing. Termasuk aku yang udah mulai ngantuk. Lalu tertidur, setelah itu gak tau apa yang terjadi selanjutnya. hohoho

***

“eh kita dah sampai ya?, ini udah di Tanjung ya?” tanyaku berhamburan ketika terbangun dari tidur.
Ternyata udah sampe euy, disini rencananya Aku, Rovha, Gusti, Mei sama Eldi mau nginep di tempat kenalannya tetangga Rovha. Duh kok bisa lupa sih nama bapak baik itu, tapi desa nya inget, desa Tegal Rejo. Agung sama Pandi ngungsi tempat lain.

Sesampainya di Tanjung, Rovha menelpon bapak tersebut dan ngasih tau kalo rombongan kami udah tiba. Alhamdulillah di suruh tunggu di depan kantor PT Telkom dan kami di giring ke rumahnya bapak itu. (Domba kali di giring) :D

Alhamdulillah, bapaknya welcome banget, baik lagi, kebetulan ada 2 kamar kosong di rumahnya. Jadi bisa di pakai untuk kami selama disini. Kami beruntung banget bisa punya tempat buat berteduh sementara disini.

Katanya banyak banget, pendatang yang mau ikut tes kehabisan tempat di hotel, dan terpaksa ngungsi di masjid-masjid. Tuh, kasian kan..

Alhamdulillah, Allah itu tau banget kalo aku paling gak bisa tinggal di tempat-tempat yang demikian (sok), jadi Dia kasih tempat yang layak deh buat kami.

Setelah di tunjukkan kamar oleh bapak tuan rumah, kami di persilakan rehad sejenak melepas lelah sehabis dari perjalanan jauh. Setelah beberapa menit istirahat, perut kami sepertinya pada kompakan laper semua, ya udah dengan kesepakatan bersama akhirnya kami memutuskan untuk mencari tempat makan demi mengisi perut-perut kami yang sudah keroncongan. Dengan petunjuk yang telah di berikan oleh anak gadis bapak tuan rumah, kami mulai berjalan mencari tempat makan terdekat. Alhamdulillah setelah berkeliling pasar, menuju tempat yang satu ke tempat yang lainnya, dengan muka-muka yang penuh kelaperan itu, menanyakan satu persatu dan ternyata sudah habis semua nasinya. Kami menemukan tempat yang kami cari.

Akhirnya, kenyang juga setelah melahap habis nasi putih sayur nangka lauk perkedel itu, dengan es teh yang menjadi pilihan air minum ku siang itu. Alhamdulillah yah. Sesuatu. Hehehe

Dengan wajah bahagia karena sudah kenyang, kami kembali ke tempat kami menginap setelah beberapa menit duduk-duduk dan memberikan nafas pada nasi-nasi yang telah kami telan untuk melalui kodratnya menyusuri berbagai alat percernaan di dalam tubuh kami. (baca: nurunin nasi) Hehehehe

Singkat cerita, pagi pun telah tiba...
Dan ini saatnya, perjuangan benar-benar harus segera dilakukan..
sejak pukul 04.30 WIB, aku telah terbangun karena posisi tes ku yang sangat jauh sendiri di bandingkan temen-temen yang lain SDN 28 Lawang Kidul, kalo di lihat dari peta yang di gambarkan oleh perusahaan, tempat aku tes itu berada pada bagian paaaaaaaaliiiiiiingggggggg ujung sebuah negara bernama Tanjung Enim. Iyah, sangat sangat ujung...
ini peta nya yang sudah aku lingkari agar terlihat lebih jelas, betapa ujung tempat itu...

Ada Eldi yang kebetulan searah denganku, posisi tes nya berada di SDN 22 Lawang Kidul, iya, sebelum posisi tes ku. Jadi, kami berdua berangkat bareng menuju kesana.
Temen-temen yang lain kemarin sore sudah survei lokasi, jadi mereka tidak terlalu tergesa-gesa karena sudah tau tempat mereka tes dimana, juga dikarenakan tempat mereka yang cukup dekat dari lokasi penginapan.

Nah kami, yang kemarin gak survei karena mikirin ongkos ojek yang kalo bolak balik bisa mencapai 20 ribu saking jauhnya tuh lokasi tes, memikirkan betapa kami harus benar-benar menguras uang jajan kami, hanya untuk ongkos ojek, itupun kalo uang masih cukup, kalo enggak.. bisa-bisa jadi rakyat Tanjung Enim selamanya disana alias gak bisa pulang... hehehe lebay deh ah, lebaaayyyy... :D

Dengan kendaraan dua ekor elang, #eh
Dua buah motor ojek, dengan mamang2 ojeknya juga. Kami meluncur terbang menuju lokasi tes tempat kami akan berjuang. Singkat cerita kami sampai di tempat masing-masing.
Oh iya, hampir lupa cerita bagian yang ini. Sebelum aku masuk gerbang SD itu, aku mengungkapkan isi hatiku kepada mamang ojek tersebut, bahwa aku jatuh cinta pandangan pertama kepadanya itung2 biar bisa dapet tumpangan gratis... lalu mamang ojeknya terpana dan lari-lari ke taman lalu bersembunyi di balik pohon dan mengintip sedikit dengan kepala miringnya sambil menyanyikan lagu kuch kuch hota hai... hahahahahayyyyyyyyyyy
#eh eh eh
Kamu pikir aku segampang dan serendah itu.... eeggggggrrrrrrrrrrrrhhhhh
Just intermezo yak... abis serius banget dari tadi.. hehehe

Enggak, enggak. Jadi yang bener gini, aku bilang sama mamang ojek itu, bahwa tolong jemput aku lagi di sini jam 10.30.. dia mengiyakan, lalu aku masuk ke gerbang.
Dan ternyata waktu yang bener selesai tesnya adalah pukul 09.30. hmmmm annaaaaaa
Jadi aku harus nunggu donk tuh mamang2 ojek nantinya. Hahh whatever apa yang terjadi nanti, yang penting aku harus konsen sama tes ini dulu!!! Eggrrrhh T_T

Bel berbunyi, itu pertanda semua peserta harus segera memasuki kelas tempat tes masing-masing. Aba-aba dan petunjuk di uraikan terlebih dahulu dari pengawas yang bertugas, dengan penjelasan yang sangat kurang jelas, dengan keluguannya yang mengatakan,
“sebenernya bapak juga gak ngerti gimana sistemnya, yang penting kalian kerjakan saja soal-soalnya ya”
Haduuuhhh, pakkkk
Ya udah deh, saya juga udah ngerti. Entah deh sama yang lain. :p
Singkat cerita, beberapa jam kemudian, akhirnya tesnya selesai. Dan waktunya kembali ke habitat masing-masing.

Hemmm aduhh aduhhh gimana ini, waktu yang di janjikan ternyata tidak sesuai dugaanku. Aku kira 10.30 ternyata 09.30 yak yang bener.. T_T

Alhasil, aku tunggu juga deh tuh mamang2.
Disaat menunggu, ada sebuah pesan baru masuk ke hp ku yang berdering. Dari Rovha.
“an, udah selese belum tesnya?”
Aku bales
“udah vha, ini lagi nunggu ojek tapi aku bilang sama ojek ny jemput jam 10.30”
Rovha bales
“alangke lamonyo, naik ojek laen beh”
(alangkah lamanya, naik ojek yang lain aja)
Aku bales
“disini dak katek ojek”
(disini gak ada ojek)
Rovha kembali sms
“yo sudah, tunggu be”
(ya sudah, tunggu aja)

Lihat kan pemirsa, betapa terpencilnya posisi tes ku. Saking terpencilnya, cari ojek aja susssaaahhh....
Berjam-jam ku tunggu dan ku tunggu dirimu, oh mamang ojek. Tapi tak jua datang, dan aku tetap setia menunggumu disini. T_T
Di sela-sela menunggu, sekali dua kali aku mendapati ojek yang mengantar peserta kloter kedua, sempat terpikir untuk naik ojek lain saja tapi aku masih kepikiran mamang ojek tadi karena aku teringat jawabannya yang menyakinkan untuk kembali menjemputku kesini. Hingga membuatku memalingkan mukaku untuk naik ojek yang lain. Karena aku tak ingin mengecewakanmu mamang ojek. Huhuhuhu... aku baek kan, iya sekaligus sangat bodoh, sangat sangat bodoh...

Oke, niat kamu memang baik anna, kamu tidak ingin mengecewakan mamang ojek tersebut, dengan setia menunggunya menjemputmu disini. Walaupun kamu sebenernya bisa aja naik ojek yang lain.
Tapi tidak ada salahnya, kamu harus sedikit berkorban untuk mengabaikan segala niat baik mu itu. Dengan naik ojek yang lain bukan suatu dosa besar kan. Hanya sedikit tega membiarkan mamang ojek mendapati sebuah SD tanpa seorang gadis yang tadi memintanya untuk menjemput kembali pukul 10.30.

Ok fine, bisakah kamu naik ojek yang lain saja, karena sepertinya teman-temanmu menunggumu dengan gelisah di sana. Saran itu menari-nari di otakku, sebelum bisa aku tangkap dia tidak akan berhenti menari.

Jam pun telah menunjukkan pukul 11.00, dan sialnya lagi baterai handphone ku juga lemah, bahkan mati. Bener-bener gak ada nyawanya. (eh emang gak ada nyawa kan)
Bagi handphone, baterai penuh adalah nyawanya untuk tetap bisa hidup. Hehehe

Hemmm hingga aku tidak bisa menghubungi teman-temanku disana. T_T
Tolonggggggggggggggg aku... aku gak mau di tinggal dan jadi orang Tanjung Enim selamanya disini... T_T
Karena kemarin sopir travel berjanji akan menjemput pukul 12.00 nanti, entah apa aku sempat buat packing mengingat keadaan ku yang sekarang T_T

Baiklah, dengan mengabaikan segalanya..

“Pak, ojek pak”
Seorang ojek bapak-bapak yang sedikit tua lewat di depanku, tanpa pikir panjang aku pun memberhentikannya.

ok, mungkin aku harus sedikit tega dengan mamang2 ojek itu dan melupakan janjiku.

Mereka semua mencemaskanku, terlebih handphone ku yang tidak bisa dihubungi, karena baterai yang lemah itu.. hingga aku telah sampai mereka masih setia menungguku dateng, ya iyalah harus itu.. kalau tidak, aku akan mencekik mereka semua satu persatu #sadis

Alhamdulillah, semua barang-barangku juga telah di kemaskan oleh mereka..
Hemmm teman yang baik ^^

Acara pamit-pamitan dan ucapan terima kasih pun dimulai kepada bapak tuan rumah yang baik hati.. kami hanya bisa memberikan cindera mata sebuah baju batik sebagai tanda terima kasih karena sudah mau menampung kami selama disini...
Huhuhu

Good bye Tanjung Enim, padahal masih betah lohh pengen lama-lama disini...

Perjalanan kali ini, memberiku banyak pengalaman, terutama tentang sebuah perjuangan mati-matian yang harus kami tempuh untuk bisa mengikuti satu hari yang menentukan itu...
Dari perjalanan ini aku menemukan banyak pelajaran.. dan orang-orang baik yang dengan senang hati menuntunku menuju pulang ke rumah, iyah.. ketika aku turun di Muara Enim untuk menyambung perjalanan dengan mobil yang menuju ke Lahat terpisah dari teman-teman yang ke Palembang, aku gak tau mau naek mobil apa, tapi karena aku baik jadi di pertemukanlah dengan orang yang baik, hehehe
Alhamdulillah aku mendapati teman yang juga ingin pulang ke Lahat, seorang gadis yang seumuranku bersama ibunya..

Singkat cerita, setelah melalui perjalanan sekitar 2 jam, aku selamat sampai di rumah...
Dan bukannya langsung istirahat, aku malah panjang lebar bercerita dengan ibu dan adik-adikku tentang bagaimana serunya perjalanan yang aku lalui...
Benarlah, apa yang pernah dikatakan tentang pengalaman adalah guru terbaik..