Senin, 04 Februari 2013

Menyibak Rahasia Dahsyatnya Air mata


Bagi seorang laki-laki, menangis masih dianggap sebagai hal yang tabu yang bisa menimbulkan aib dan kesalahan, yang dapat menciderai kemuliaan laki2 dan menjatuhkan kelelakiannya. Mereka sering menahan tangis hanya karena takut dianggap laki2 lemah, cengeng atau sebutan negatif lainnya, kenyataannya itulah realita yang sekarang menjangkiti masyarakat kita.  Dan anehnya anggapan ini telah ada sejak nenek moyang terdahulu, sampai sekarang dan telah mengakar kuat pada pikiran mereka termasuk kita.
Padahal jika kita tahu ada banyak keajaiban luar biasa yang tersimpan dibalik linangan air mata.  Hal ini mengharuskan kita tuk berpikir ulang tentang anggapan tersebut diatas yang kadang menempel kuat dibenak masyarakat modern.
Baiklah, sebelum saya jelaskan mengenai manfaat dari menangis dan keajaiban air mata itu sendiri, akan lebih utama jika kita pahami dulu apa itu menangis serta hal-hal yang mendorong keluarnya air mata.  Hal ini saya sampaikan berkaitan dengan training-training yang sering kami lakukan di berbagai tempat, dimana ada banyak yang bertanya kepada kami, apa sich manfaatnya menangis itu? Sehingga ada segelintir orang yang kurang menyukai usaha dakwah kami, beranggapan bahwa cara dakwah kami menyimpang.  Mereka katakan training ini hanya training untuk menangis saja. Dengan kerendahan hati, saya ingin paparkan mengapa training yang kami lakukan menuntun setiap peserta bermuhasabah menyadari kesalahan diri dan kealfaan kita sebagai manusia.  Yang akhirnya dapat disalurkan melalui sebuah tangisan yang tulus hanya karena mengharapkan ampunan dan keridhoanNya. Tangisan seperti inilah tangisan yang bermakna yang lahir dari kesadaran dan memuncahkan energi untuk perubahan dirinya. Bukankah tangisan seperti itu adalah tangisan taqwa dari seorang hamba karena TuhanNya .  Pertanyaan saya bermanfaatkah training yang seperti ini?
Tangisan yang biasa-biasa saja masih memberikan manfaat secara jiwa maupun kesehatan apalagi jika tangisannya adalah tangisan taqwa, tentu akan bertambah manfaatnya menjadi amal sholeh yang akan berbuah pahala di sisi Allah subhanahu Wa Ta’ala. Subhanallah...
Pada dasarnya menangis merupakan suatu aktifitas mata yang timbul karena adanya respon lingkungan. Hal ini terkait erat dengan emosi seseorang baik saat menghadapi kesedihan maupun kebahagiaan.  Menangis merupakan sifat alami yang merupakan anugrah suci dari Allah Subhanallahu Wa Ta’ala.
Ada banyak sebab yang mendorong keluarnya air mata. Diantaranya luapan rasa bahagia yang teramat sangat, munculnya berbagai musibah yang silih berganti, kematian keluarga atau kerabat dekat dan sebab-sebab lain yang menimbulkan pergulatan emosi.
Nah, seperti yang saya katakan di awal bahwa menangis memiliki kaitan erat dengan emosi jiwa seseorang. Maka salah satu manfaat dari aktivitas menangis adalah sehatnya jiwa dan emosi. Ini dikarenakan airmata bisa membersihkan mata secara  kontinue.  Menangis juga berperan penting dalam meringankan ketegangan syaraf yang dapat mengakibatkan parahnya berbagai penyakit luka pada lambung, radang usus besar dan meningginya tekanan darah. Selain mengurangi tekanan darah air mata juga dapat menghilangkan penyakit nyeri kepala sebelah atau yang lebih kita kenal migrain.
Terkait dengan hal ini, berdasarkan penelitian ilmiah, ditemukan bahwa 85% wanita dan 73% laki-laki merasa lega dan tenang setelah menangis.  Penyebabnya air mata mengandung hormon prolacin dan ESTH yang berbaur dengan darah yang mampu membebaskan materi-materi kimiawi pada tubuh yang berhubungan dengan tekanan jiwa.
Sebuah kajian modern yang terkait dengan hal ini menuturkan, “ airmata secara nyata bekerja membersihkan mata.  Ia memiliki peran yang sangat penting dalam meringankan beban batin yang bisa  berkemungkinan memunculkan beberapa penyakit.  Semisal penyakit luka pada lambung, tekanan darah tinggi (hipertensi) dan radang usus besar”.
Jika belum puas dengan penjelasan diatas, simak fakta-fakta menarik seputar air mata dibawah ini Diantaranya:
  • Menangis merupakan cara alami untuk mengusir unsur-unsur yang merugikan dan berbahaya dari dalam tubuh, yang dikeluarkan pada saat seseorang sedang mengalami kesedihan atau kekhawatiran.
  • Menangis akan menambah jumlah detak jantung dan dapat dikategorikan sebagai latihan yang berguna bagi diafragma serta otot-otot dada dan kedua pundak. Setelah menangis, kecepatan detak jantung akan kembali normal, sehingga ia akan mengendur dan akhirnya muncul perasaan nyaman.
Menurut Dr. Muhammad Abdullatif Bulthiyah, seorang dokter spesialis mata berpendapat bahwa air mata membantu kelenturan kelopak mata, membantu melindungi mata dan berfungsi sebagai alat pencuci mata serta memelihara mata dari penyakit kekeringan.  Di samping itu, ia juga membantu mengusir setiap unsur yang bisa mengganggu mata, seperti cabe, asap, atau bahkan benda-benda yang padat seperti debu.  Melalui kelenjar air mata, ia juga bekerja untuk mengucurkan air mata dan mengusir benda-benda asing dari mata, sehingga ia kembali transparan dan bersih.  Airmata juga bekerja untuk mentransparankan kornea dan menjaga agar tidak kering.  Ini merupakan faktor-faktor yang membantu kejelasan pandangan dan juga menjaga kekuatan dan akurasi pengelihatan.
Dr.  Bryan D., penasihat kedokteran jiwa dan penulis buku terkenal “Tempat Aman Untuk Menangis”, melalui berbagai eksperimen dan penelitian, berpendapat bahwa tidak adanya kemampuan untuk menangis menjadi penyebab dibalik sekian banyak jenis penyakit yang sedang ia tangani.
Kajian ilmiah mengungkapkan bahwa wanita lebih banyak menangis empat kali lipat dari pada laki-laki.  Riset  Dr. Barry di Inggris mengenai air mata, menyimpulkan wanita menangis sebanyak 65 kali dalam setahun, sementara laki-laki hanya 15 kali. Karena mereka mempunyai kelenjar-kelenjar air mata yang bentuknya lebih besar dari pada kelenjar laki-laki.  Para ilmuwan mensinyalir bahwa inilah yang menyebabkan wanita mampu hidup lebih lama dari pada laki-laki.  Karena wanita dapat menetralisir racun dari tubuhnya melalui airmata. 
Bagaimana?  Masih malu tuk mengeluarkan air mata alias menangis?  Ingat laki-laki juga manusia yang punya perasaan dan emosi layaknya seorang wanita. Saya tidak menyarankan sahabat semua untuk mengumbar tangis di depan khalayak.  Saya hanya menyarankan agar sahabat berhenti tuk menahan tangis.  Jika sahabat sedang dirundung masalah yang besar dan memungkinkan sahabat untuk menumpahkan airmata, maka tumpahkanlah selagi bisa. Biarlah beban-beban itu mengalir keluar bersama dengan mengalirnya tetes airmata.
Semoga paparan yang sederhana ini mampu memberi manfaat bagi saya dan sahabat semua, terutama untuk para wanita agar lebih percaya diri dengan anugerah air mata yang lebih banyak mengalir dari pelupuk matanya.  Dan untuk semua laki-laki agar tidak meremehkan air mata dan tidak lagi merasa aib jika menangis. Ingat sebaik-baiknya air mata adalah air mata taqwa




sumber: buku wanita seribu pesona

Tidak ada komentar:

Posting Komentar